Saturday, February 13, 2016

Setting RFID Access Control

Akhir-akhir banyak sekali dijual RFID Access Control yang bisa digabungkan dengan beberapa komponen akan berfungsi sebagai pengaman sekaligus pengganti kunci pintu rumah, locker, lemari dan lain-lain.  Bermacam-macam bentuk dan model RFID Access Control dijual dengan harga dan kelengkapan berbeda-beda pula.
RFID_access
Umumnya alat ini mempunyai dua pilihan mode kerja, yaitu berdasarkan pendeteksian tag RFID saja maupun kombinasi pendeteksian tag RFID dan input 4 digit password.
Salah satu tipe yang beredar adalah MT-236B seperti pada foto diatas, yang mempunyai spesifikasi sebagai berikut :
RFID1Pada kondisi default nilai-nilai pabrikannya sebagai berikut :
rfid2
Dalam kondisi minimal, yang diperlukan dalam pemasangan adalah sebuah Adaptor/Catu daya 12V dan sebuah Doorlock 12V yang dirangkai seperti gambar di bawah
RFID_access1
DOORLOCK ACCESS
Berikut adalah penjelasan cara setting/pemrograman dari RFID Access Control MT-236B
1. Pemrograman diawali dengan masuk ke mode program yaitu dengan menekan * + [6 digits programming PIN], contoh * 990101, jika pin benar maka akan terdengar bunyi beep dua kali.  Led hijau akan menyala, menunjukkan masuk pada mode program.  Jika tidak ada tombol ditekan selama 20 detik maka akan kembali ke mode awal.
2. Untuk mengganti Password Program maka tekan 0 + [6 digit PIN baru] + [ulangi 6 digit PIN baru]
3. Untuk mengeset mode kerja dilakukan dengan menekan 1 + 0, jika yang diplih pengaktifan dengan memakai tag RFid atau password angka 4 digit.  Jika yang diplih mode kerja kombinasi tag RFid dan password angka 4 digit maka dilakukan dengan menekan 1 + 1.  Akan terdengar beep dua kali jika benar.
4. Untuk setting lamanya relay ‘ON’ bisa dilakukan dengan menekan 2 + [2 digit detik], contoh jika relay diinginkan aktif selama 10 detik maka settingnya adalah 2 + 10, akan terdengar beep dua kali jika setting benar.
5. Setting password 4 digit untuk pembuka doorlock bisa dilakukan dengan menekan 4 + [4 digit PIN].  Contoh 4 + 0000, maka PIN pembuka doorlock adalah 0000
6. Untuk mendaftarkan atau menambahkan Tag RFID dilakukan dengan menekan 5 + [3 digit kode sembarang] akan terdengar 2x beep, dekatkan kartu/tag RFID, akan terdengar 1x beep dilanjutkan 2x beep yang menunjukkan bahwa kartu sudah berhasil terdaftar
7.  Untuk keluar dari mode Program tekan tombol [*] 2 kali

Pada artikel sebelumnya saya membahas RFID Access Controller dengan tipe MT-236B, kali ini saya akan membahas RFID Access Controller tipe lain yaitu AD2000-M.
Berikut adalah foto tampak depan dan tampak belakang dari RFID Access Controller AD2000-M, spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan tipe M_-236B, perbedaan mendasar ada pada tata letak, komponen dan cara settingnya.
AD2000M2 AD2000M1
Adapun garis besar cara setting AD2000-M adalah sebagai berikut :
1. Password defaultnya 5 digit yaitu 12345
2. Untuk masuk ke mode program tekan # + Password, sebagai contoh # + 12345, saat ditekan tombol # maka ketiga LED (merah, kuning, hijau) akan menyala, selanjutnya setelah password dimasukkan LED hijau akan mati.
3. Untuk mengganti password tekan 1, dilanjutkan dengan 5 digit password baru, contoh 1 + 23456
4. Perekaman kartu atau tag RFID lainnya dilakukan dengan menekan tombol 0, LED Merah akan mati, tekan 1234, maka LED hijau akan nyala, dekatkan kartu/tag RFID, selanjutnya masukkan password untuk kartu/tag RFID tersebut sebanyak 6 digit (sembarang angka, tapi jangan sampai lupa), LED merah akan menyala, proses perekaman sudah selesai
5. Untuk menghapus kartu/tag RFID, tekan 3, maka LED merah akan mati, dekatkan tag pada access controller

Banyak sekali tipe RFID Access Control yang dijual, selain MT236B dan AD2000-M, salah satu diantaranya berlabel SMQ-303.  Bentuk fisik pada pcb serta tata letak komponennya sama dengan AD2000-M.  Tertera tulisan ACCESS CONTROL V3.0 pada pcbnya.
SMQ-303BYang membedakan hanya bentuk panel depan dan cara settingnya saja
SMQ-303AUntuk membangun sebuah sistem pengunci dan pembuka pintu otomatis, diperlukan satu buah doorlock dan sebuah PSU (Power Supply Unit) 12 V, cara menghubungkannya seperti pada foto di bawah ini
AD2000M3Jumper J1, defaultnya adalah pada posisi NC, pada posisi ini pada saat normal pin yang terhubung ke doorlock akan mempunyai tegangan 12V.  Jika digunakan doorlock yang normalnya OFF maka posisi jumper harus dipindah ke posisi NO.
AD2000M4
Tombol pengaman pada foto diatas dalam keadaan normal akan tertekan oleh penutup belakang Access Controller, jika ada seseorang merusak Access Controller ini dengan mencoba membukanya maka tombol pengaman akan terlepas, buzzer akan berbunyi secara terus menerus.
Cara setting RFID Access Controller SMQ-303
1. Untuk masuk ke menu setting tekan # (ketiga LED menyala) diikuti dengan password (default 12345) maka LED hijau akan mati.
2. Untuk mengganti password admin, tekan 1, LED merah akan mati, LED kuning menyala.  Masukkan password baru 5 digit, terdengar nada beep, LED hijau berkedip sekali, LED merah dan kuning menyala.
3. Untuk mengganti password user, tekan 2, LED merah akan mati, LED kuning menyala.  Masukkan 4 digit password baru, terdengar nada beep, LED hijau berkedip sekali, LED merah dan kuning menyala.  Password baru sudah tersimpan.
4. Set mode kerja/pendeteksian.  Tekan 3, LED merah akan mati, LED kuning menyala.  Masukkan 01 jika ingin memilih mode kerja deteksi tag ATAU pin user, atau jika ingin memilih mode kerja pendeteksian tag digabungkan dengan user password,  maka ketikkan 02.  Jika setting benar maka terdengar nada beep, LED hijau berkedip sekali, LED merah dan kuning menyala.
5. Menambahkan atau mendaftarkan tag dengan sistem scanning, tekan 4 + 1 dan diakhiri dengan #, LED merah akan mati, LED kuning menyala.  Dekatkan kartu/tag dan tekan # lagi.  terdengar nada beep, LED hijau berkedip sekali, LED merah dan kuning menyala.  Kartu/tag sudah sukses terdaftar.
6. Untuk membatalkan kartu dengan proses scanning.  Tekan 6 + 1 diakhiri dengan #, LED merah akan mati, LED kuning menyala.  Dekatkan kartu/tag akan erdengar nada beep, LED hijau berkedip sekali, LED merah dan kuning menyala. Kartu/tag sudah berhasil dihapus
7. Mengganti lama relay ON.  tekan 0, LED merah akan mati, LED kuning menyala. Kemudian masukkan angka 2 digit sebagai lama ON relay dalam detik.  Misalkan untuk 5 detik maka masukkan 05.
Untuk setting-setting lainnya bisa dilihat sendiri di manual, yang saya jelaskan disini hanya setting-setting yang umum dipakai.
Semoga bermanfaat………….






16 comments:

  1. ijin copas gan, sangat bermanfaat :) (Y)

    ReplyDelete
  2. Punyaku gini gan
    +12v gnd no com nc open door alm wg0 wg1 bell bell
    Kalo ikut diagram diatas gk bisa. Mihin pencerahannya

    ReplyDelete
  3. adaptor ke +12v & gnd(mesin akses), doorlock V+ gabung ke +12v(mesin akses), doorlock V- gabung ke NC (mesin akses), Com & switch/push(mesin akses) ke tombol exit. COM(mesin akses) & NC gabung GND sesaat lalau lepaskan agar NC berubah jadi COM/negatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak bisa juga, telpon yang jual barang error itu....😁

      Delete
  4. om klo magnetnya gx mau ngunci knapa y...padahal langaung saya coba pkai adaptor aja gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pemasangannya salah, perhatikan plus min nya

      Delete
  5. Bagaimana klo programing pin sdh dirubah dan kita gk tahu programing pin yg baru..mohon pencerahannya gan..suwun

    ReplyDelete
  6. Cara mereset ulang gimana ya om..

    ReplyDelete
  7. How can i delete all the programmed tags/cards?

    ReplyDelete
  8. saya pake yg 4 digit tapi malah ngga bisa. terus saya keluar program mau masuk lagi ke *990101 lagi ,, malah bunyi beep 3x dan warna merah. itu kenapa yaa? apa akan kembali seperti semula dengan jangka waktu tertentu?
    mohon bantuaannya, terimakasih.

    ReplyDelete
  9. Ktika dalam keadaan darurat, utk angka darurat dlm door lock yale gmn?

    ReplyDelete
  10. Kalau untuk reset pabrik atau setting awal gmna ya om?saya mau hapus semua kartunya

    ReplyDelete

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html